Sabtu, 01 Maret 2014

Sejarah Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan Istilah komputer (computer) berasal dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung. Komputer mempunyai arti yang sangat luas dan berbeda untuk orang yang berbeda. Berikut ini salah satu definisi komputer yang didapat dari buku komputer.
Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders), komputer adalah
sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi: Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

Sebelum adanya beberapa alat eloktronik canggih seperti laptop dan iPad, dahulu kita menggunakan komputer untuk alat mengetik, alat berhitung dan melakukan pekerjaan lainnya. Seiring perkembangan zaman dan semakin canggih dunia eklektornik, komputerpun sudah semakinn berkembang mulai dari design hingga kemampuannya. Padahal sejarah perkembangan komputer dulunya digunakan sebagai alat hitung untuk membantu penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi seperti sekarang ini. Mulai dari anak-anak hingga dewasa kini sudah mengetahui kegunaan dari komputer, namun mungkin sebagain besar orang masih belum tahu tentang sejarah perkembangan komputer itu sendiri.
Sejak dahulu manusia memang membutuhkan alat bantu hitung. Mulai dari perbintangan, perdagangan atau pekerjaan lainnya sangat membutuhkan alat bantu hitung. Dan menurut para ahli sejarah, alat hitung yang pertama dibuat oleh manusia adalah Abacus atau Sipoa oleh bangsa China sekitar 25 ribu tahun yang lalu. Hingga saat ini sipoa masih digunakan, sedangkan bangsa peru dan inca menggunakan quipus yang berupa tali simpul dan tiap simbulnya melambangkan bilangan tertentu. Lalu setelah tahun 1642 di Perancis, Blair Pascal menciptakan sebuah mesin hitung yang hanya dapat diguankan untuk operasi hitung penjumlahan saja yang disebut Adding Machine, yang kemudian disempurnakan untuk melakukan operasi matematik yang lainnya pada tahun 1673 oleh Von Leibnitz.
Kemudian muncullah era komputer elektronik sejak ditemukannya listrik oleh M. Faraday, sehingga berkembang alat-alat yang menggunakan tenaga listrik termasuk komputer. Rancangan komputer elektronik pertama kali diciptakan oleh John Atanasoff dari AS pada tahun 1942 dan terus berkembang hingga saat ini.
Era perkembangan komputer dapat dibagi menjadi beberapa periode/generasi, yakni:

1)      Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Ukuran komputer pada generasi pertama ini lumayan besar. Kerangka utama (Mainframe) nya saja hampir sama ukurannyan dengan kamar tamu. Komputer menggunakan Tube vakum untuk memproses dan menyimpan informasi. Tabung vakum berukuran seperti permen lampu kecil yang cepat panas dan mudah terbakar, penggunaan daya listriknya pun sangat beser. Jumlah tabung vakum yang diperlukan sangat banyak agar komputer tetap dalam keadaan stabil.
Pada tahun 1946, komputer elektronik sepenuhnya desain dari Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert yang mewujudkan ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator). ENIAC memiliki ukuran 140 meter persegi, dengan ukuran berat 30 ton, menghabiskan daya listrik 130 Kilowatt dan 1800 tabuung vakum. 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, memory tersimpan di luar dengan memanfaatkan switch & kabel
Dr. Jjohn Mauchly dan Prosper Eckert sekali lagi menciptakan EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yang mengurangi penggunaan tabung vakum dan lebih efisien dari ENIAC dan menggunakan konsep EDSAC (Electronis Delay Storage Automatic Calculator) yang menggunakan raksasa dan tabung vakum untuk menyimpan memori yang telah dibuat. UNIVAC1 (Universal Otomatis Calcuulator) Ciptaan Dr. John Mauchly dan Prosper Eckert, pertama diluncurkan tahun 1951 adalah komputer pertama yang digunakan untuk memproses data bisnis.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

2)      Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat memengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli sistem komputer). Industr piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.

3)      Komputer Generasi Ketiga (1964-1980)
Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) pada tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

4)      Komputer Generasi Keempat (1980-sekarang)
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga memopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

5)      Komputer Generasi Kelima
Generasi komputer pada era ini masih bersifat imaginatif berupa ide atau gagasan. VLSI (Very Large Scale Integration) adalah komponen yang akan digunakan. Ide Desain pada komputer pada generasi ini akan dikembangkan komputer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia. Dan mampu berkomunikasi dengan manusia.
Komputer masa depan dijadikan jargon oleh banyak perusahaan komputer untuk bersaing memproduksi komputer dengan nada yang optimistis dan positif. Meskipun masih berupa gagasan, para ilmuwan dan ahli komputer telah memperkirakan beberapa aspek teknologi komputer yang bakal hadir. Bahkan inisiatif untuk menghasilkan teknologi komputer terbaru telah dilakukan sejak 4-5 tahun sebelum memasuki abad ke 21 oleh beberapa perusahaan komputer raksasa.
Mungkin kita pernah menyaksikan tayangan “2001: Space Odyssey” film yang diciptakan oleh Artur C. Clarke. Dimana skenario film tersebut memberi gambaran bagaimana canggihnya komputer masa depan yang masih dalam imajinasi. Namun memberi gagasan kepada para ilmuwan untuk terus mengkaji kemungkinan-kemungkinan pengembangan komputer generasi kelima.
Komputer generasi kelima akan sangat tergantung pada keinginan dan kemampuan pengguna untuk menyerap teknologi baru ini apakah digunakan dengan baik. Untuk merealisasikan impian mewujudkan komputer masa depan, amaka para ilmuwan komputer mencantumkan 10 ciri-ciri teknologi komputer super cangkih untuk dijadikan pedoman umum. Meskipun ada diantaranya dianggap terlalu maju namun hal ini tidaklah mustahil untuk dapat diciptakan:
Salah satu ilmuwan komputer Thomas Wennekers dari Plymouth University yang sedang mencoba untuk mengembangkan sebuah komputer generasi kelima yang merupakan komputer masa depan dengan meniru persis mekanisme sel-sel saraf manusia di otak. Menyelaraskan cara komputer bekerja dengan mekanisme sel-sel saraf ini diyakini untuk meningkatkan kemampuan komputer untuk memproses data visual dan audio. Ada kemungkinan kemudian pada komputer akan dapat melihat dan mendengar dengan sendirinya. Bukan hanya mengandalkan pada keberadaan sensor.

Ciri-ciri Komputer Masa Depan
1)      Mamiliki sifat kemanusiaan Komputer dikatakan mempunyai sifat-sifat kemanusiaan jika memahami perintah suara, kepenggunaan kehadiran maya (virtual presence) dan mengenal perilaku atau emosi.
2)      Perangkat yagn mampu berfikir sendiri  Perangkat-perangkat seperti telepon, jam tangan, microwave, TV dan lemari es akan menjadi lebih smart. Pengguna prosesor seperti StrongARM, DragonBall dan pSOS akan dikembangkan untuk tujuan tersebut. Perangkat-perangkat ini juga dikaitkan pada jaringan luar untuk menyediakan sebuah jaringan terpadu dan memungkinkan para pengguna mendapatkan layanan tambahan.
3)      Jaringan komputer akan menjadi lebih pintar sistem jaringan komputer yang akan dibuat memiliki kemampuan lebih cepat, sistem jaringan rumah yang lebih pintar, penggunaan teknologi Ipv4, digital online dan jaringan internal akan tersambung dengan berbagai peralatan telekomunikasi. Bahkan jaringan akan menjadi sistem neural pada sebuah bangunan atau mesin untuk memeriksa kemampuan atau kerusakan yagn terjadi dan memberikan informasi pada komputer utama.
4)      Web menjadi lebih baik Web akan menggunakan teknologi portal pribadi, pengguna XML akan menggeser HTML dan pengguna pencarian melalui gambar atau QBIC (Wuery By Image Content). Perangkat lunak-perangkat lunak yang menghasilkan konten Web juga menjadi bertambah mudah dan lebihmampu menghasilkan animasi yagn interaktif dan menarik.
5)      Perangkat lunak pintar Perangkat lunak akan menggunakan perintah suara, petunjuk bahasa laami, menggunakan teknologi Neural Net. Komputer masa depan dengan dukungan perangkat lunak mengikuti cara sel-sel saraf berkomunikasi satu sama lain yang diyakini bisa direplikasi untuk aplikasi di komputer generasi  berikutnya nanti. Peneliti saat ini dilaporkan mulai mencoba untuk menerapkan cara bagaimana mereka terbentuk. Perangkat lunak sistem operasi jaringan juga akan menjadi lebih pintar dan mampu bekerja secara mandiri. Sistem operasi dan perangkat lunak jaringan juga menjadi lebih proaktif utnuk memperbaiki dirinya sendiri dan mampu menyeimbangkan beban kerja jaringan.
6)      Bisnis internet akan berkembang Bisnis internet akan berkembang dengan pesat dan situs Web e-commerce akan menjadi satu agenda utama pada alat baru. Bisnis internet semakin berperan penting pada peningkatan perekonomian negara ketika komputer masa depan hadir. Bisnis hanya memerlukan tempat virtual, bisnis online semakin pesat pada masa komputer generasi kelima.
7)      Tampilan graphic yang canggih Komputer masa depan akan menggunakan tampilan Super XGA (1.280-by-1,024) untuk produksi monitor. Sedangkan tampilan rontgen yaitu sebuah tampilan 16,3 inci dengan resolusi 2,560 x 2,048 dan tampilan yang luas dan besar. Penggunaan LCD juga semakin maju dan mampu mencapai tampilan XGA dengan luas layar hingga 29 inci.
8)      Identitas pribadi digital Informasi diri akan menjadi lebih terbuka dan bebas. Akhirnya segala informasi diri yang pribadi bisa dicapai dengan mudah. Sedangkan informasi dan transaksi dalam e-commerce pula akan ditingkatkan dan ini akan membuat pelanggan merasa aman. Penggunaan kartu pintar akan digabungkan bersama dengan kartu kredit atau kartu identitas pribadi utnuk memudahkan integrasi informasi bisa digunakan di seluruh dunia.
9)      Ramalan Procesor Menjelan tahun 2011, mikroproses akan menggunakan satu miliar transistor dan beroperasi pada kecepatan 10GHz dan menggunakan proses teknologi semikonduktor 0,07-mikron yang mampu emlakukan perhitungan 100 miliar operasi sesaat. Arsitektur prosesor PC ini akan ditingkatkan dari 32 bit ke 64 bit untuk meningkatkan pemrosesan utnuk PC.
10)  Hiburan Maya lebih banyak karakter digital realistis dapat diproduksi. Teknologi 3D dan aliran SIMD Extensions (SSE) akan dikembangkan. Ruang chat akan muncul dalam bentuk 3D chat dengan teknologi DirectX 8.0
Komputer generasi kelima memang masih dalam imajinasi, namun ide-ide sudah dapat dituangkan keberapa teknologi. Misalnya penemuan virtual keyboard komputer, teknologi layar sentuh, smart phone dll. Sekarang kita tinggal menunggu bahaimana wujud sebenarnya komputer masa depan.

0 komentar:

Posting Komentar